Menjelaskan orthopedi dengan bahasa sehari-hari

Beranda » Umum » Apa sih orthopedi itu?

Apa sih orthopedi itu?

Image

Frontispiece of Nicolas Andry de Bois-Regard, Orthopédie, 1741

Banyak orang berpikir bahwa orthopedi hanya meliputi patah tulang dan berhubungan dengan operasi. Sebenarnya orthopedi jauh lebih luas dari itu, orthopedi bukan cabang ilmu bedah, melainkan cabang dari ilmu kedokteran.

Orthopedi menangani berbagai kelainan dan perlukaan sistem muskuloskeletal. Lantas sistem muskuloskeletal itu apa? Muskulo = otot, skeletal = tulang, jadi otot dan tulang saja dong? Lebih luas dari itu juga, sistem ini meliputi segala sesuatu yang berkaitan dengan alat gerak kita dari leher sampai ujung jari-jari kaki.

Jadi seorang dokter orthopedi terlatih untuk menangani segala macam keluhan alat gerak dari leher sampai ujung jari kaki, mulai dari rasa nyeri, kelemahan, kelumpuhan, kesemutan, luka sampai kaku dari bayi sampai orang lanjut usia.

Metode penanganan orthopedi pun bukan melulu melalui operasi atau pembedahan. Obat-obatan, alat bantu, gips, perubahan perilaku, semua dapat menjadi modalitas.

Lantas kata orthopedi sendiri artinya apa? Berasal dari kata orthos=lurus dan pais=anak, orthopedi pertama kali dicetuskan oleh Nicolas Andry tahun1741 dalam bukunya Orthopaedia, or the Art of Preventing and Correcting Deformities in Children. Meskipun kata orthopaedi kurang mencakup jangkauan ilmunya, namun ia terus digunakan selama lebih dari dua abad dan sepertinya tidak mungkin untuk diganti.


13 Komentar

  1. Tamp berkata:

    Jadi dokter ortopedi tahu cara meninggikan badan ?

    • scalpelblade berkata:

      Potensi tinggi badan seseorang ditentukan dari tinggi ayah dan ibu kandungnya. Dokter orthopedi dapat memanjangkan anggota gerak. Umumnya kami memanjangkan anggota gerak paha atau tungkai bawah bila ada perbedaan panjang sehingga Pasien bisa berjalan normal. Memang telah dilaporkan pemanjangan kedua kaki untuk meninggikan badan di luar negeri.

      • abgtua2197@yahoo.com berkata:

        anak saya mau ninggiin badan 4 cm selama 2 bulan. tolong tipsnya dokter. trim’s

      • scalpelblade berkata:

        Selamat siang pak. Terima kasih atas komentarnya. Untuk penambahan tinggi badan, harus dipastikan dulu lempeng pertumbuhan masih terbuka, bila sudah tertutup sudah tidak bisa lagi.

  2. abgtua2197@yahoo.com berkata:

    Umur msih 18 tahun, kemungkinan msih terbuka. karena anak saya mau msuk polisi tahun ini. jenis kelamin wanita. thanks

  3. Ahmad berkata:

    Dok, saya laki-laki 20 taun , lempeng tilang saya apa masih terbuka? Apa bisa untuk tinggi lagi , trims

  4. Ahmad berkata:

    Tinggi saya 155 dok, apa masih bisa? Kalau bisa bagaimana caranya dok, mohon bantuannya

    • scalpelblade berkata:

      Terima kasih atas pertanyaan dari Mas Ahmad dan Mas Dhani. Penambahan tinggi untuk laki-laki usia 20 tahun secara alami tidak dapat dilakukan. Dapat dilakukan dengan cara operasi. Tetapi prosedurnya membutuhkan waktu lama karena kedua tulang harus dipatahkan terlebih dahulu kemudian dipasang implant.

      • ahmad berkata:

        kalau memakai obat-obat bagaimana dok? karena di media sosial banyak sekali produk-produk.
        kalau minum susu juga tidak ada hasilnya berarti dok?

      • scalpelblade berkata:

        Mohon maaf, sampai sekarang saya belum pernah membaca penelitian yang valid tentang obat peninggi badan setelah lempeng pertumbuhan menutup. Untuk susu atau suplemen kalsium disertai olah raga cukup baik untuk menambah kepadatan tulang, bukan menambah tinggi badan.

  5. dhani berkata:

    maaf dok saya laki-laki umur 20 tahun, mau bertanya apa umur 20 tahun dapat tinggi lagi dok? tinggi saya 164 dok , jika bisa bagaimana penanganannya dok? mohon balasannya

  6. ahmad berkata:

    berarti pada intinya saya tidak bisa lagi tinggi ya dok??

    • scalpelblade berkata:

      Potensi tinggi dipengaruhi oleh genetik dan lingkungan. Ada rumusnya untuk menghitung potensi tinggi seseorang. Lempeng pertumbuhan umumnya sudah menutup. Saya sarankan untuk konsultasi dengan dokter orthopaedi terdekat. Sehingga bisa ditelaah lebih lanjut mengenai potensi tinggi mas Ahmad. Terima kasih.

Tinggalkan komentar