Menjelaskan orthopedi dengan bahasa sehari-hari

Beranda » Lutut » Pengapuran (Osteoarthritis/OA)

Pengapuran (Osteoarthritis/OA)

Proses pengapuran atau Osteoarthritis (OA) sebenarnya bisa terjadi di sendi mana saja di tubuh. Namun demikian, lutut adalah sendi yang paling sering terkena OA dibandingkan sendi-sendi yang lain. Umumnya OA lutut terjadi seiring proses penuaan, meskipun sebenarnya kedua proses ini berbeda perjalanannya.

Ada beberapa faktor yang terkait dengan risiko lebih rentan terkena OA, antara lain: jenis kelamin perempuan, berat badan berlebih, riwayat OA dalam keluarga, dan riwayat patah tulang yang garis patahnya mengenai lutut. Berat badan yang berlebihan dan kurangnya pergerakan sendi lutut ditengarai beberapa penelitian turut menyumbang terjadinya OA. Dengan demikian gaya hidup yang kurang bergerak (sedentary lifestyle) juga turut menyumbang banyaknya kejadian OA di masyarakat.

Keluhan yang dialami penderita OA adalah nyeri di lutut. Ini harus dibedakan dengan nyeri yang menjalar baik dari panggul atau saraf tulang belakang. Dokter orthopedi Anda akan memeriksa Anda dengan seksama untuk menentukan sumber masalahnya. Nyeri akan lebih berat bila digunakan untuk naik turun tangga. OA yang berat bahkan membuat penderitanya tidak dapat berjalan karena nyeri.

Derajat keparahan OA dapat ditentukan melalui foto rontgen. Untuk derajat 1-2, pemberian obat minum dan suntikan, disertai fisioterapi dan perubahan gaya hidup dapat memperlambat perburukan yang terjadi. Perubahan gaya hidup yang dimaksud adalah penurunan berat badan dan olah raga tanpa beban seperti berenang dan sepeda statis.


Tinggalkan komentar