Menjelaskan orthopedi dengan bahasa sehari-hari

Beranda » Tanya Jawab

Tanya Jawab

Silahkan mengajukan pertanyaan-pertanyaan Anda tentang Orthopedi di sini. Saya akan berusaha memberikan jawaban dalam bahasa sehari-hari yang mudah dimengerti.


9 Komentar

  1. faisal reza berkata:

    Saya setiap bangun habis jongkok atau duduk lama lutut kaki kanan bagian belakang terasa sakit dan tidak kuat untuk bangun.jadi saya mengandalkan kaki kiri saja untuk bangunnya (gejalanya tiba2 dan tanpa sebab). untuk aktifitas berjalan dan olahraga tidak ada masalah.terus apa yg harus saya lakukan.
    Terimakasih

    • scalpelblade berkata:

      Saya belum bisa mengatakan apa yang diderita bapak Faisal, karena gejala seperti yang diderita bapak bisa berasal dari lutut, bisa merupakan nyeri alih (referred pain) dari sendi panggul atau tulang belakang. Bila usia masih muda, bisa disebabkan cedera ligamen, bila usia tua bisa karena pengapuran sendi (osteoarthritis) atau nyeri akibat penjepitan saraf di tulang belakang).

  2. Diah retno soesanti berkata:

    Dokter kalau bisa menulis tentang ujung2 tumit yang sakit dan kalau sudah di foto ternyata tumbuh tulang2 muda, nah penyembuhan nya seperti apa karena saya dan banyak teman2 wanita usia 50 tahunan menderitanya. Apakah penyebabnya dan bisakah disembuhkan dengan mengunakan sepatu merk school atau dr Kong. Terima kasih dokter.

  3. Dody berkata:

    dokter, ayah saya mengalami sakit pada daerah punggung saja. tapi tidak bisa duduk apalagi berdiri. menurut hasil rontgen ayah saya kena saraf terjepit di lumbal 4-5. tiap hari merasa sakit pada malam, kadang2 siang atau sore. bagaimana pendapat dokter?

    • scalpelblade berkata:

      Selamat pagi pak. Paling penting untuk nyeri punggung ini adalah penegakan diagnosis. Silahkan dibaca artikel saya tentang tulang belakang degeneratif. Penyebab penyempitan ada macam2 dan itu bisa dilihat lebih jelas dengan pemeriksaan MRI. Terapi mulai dari pemberian obat sampai melonggarkan penyempitan semua tergantung dari assessment saya atas pemeriksaan MRI lumbosacral.

      • Dody berkata:

        selamat pagi pa dokter, terima kasih atas jawabannya pa dokter. apakah nyeri pada perut masih ada kaitannya dengan saraf terjepit di bagian punggung? karena ayah saya sekarang terasa nyeri di perut sebelah kiri, dan punggungnya sudah tidak nyeri lagi.

  4. rani berkata:

    selamat sore dokter, usia saya 31 tahun saya biasa melakukan senam erobik, bl dan juga yoga..saya sempat vakum 2 bulan tidak melakukan senam dugaan saya hamil tp ternyata tidak, begitu saya coba utk mulai senam lg dan kebetualan pd saat itu jadwal senam yoga, awalnya saya tdk merasakan nyeri apa2 tapi 2hari setelah saya senam saya merasa sakit pada bagian pinggang sebelah kiri sampai ke bagian kaki,terlebih kalau jongkok dan duduk dengan posisi kaki di luruskan,bagaimanakah solusinya dokter? terimakasih .

    • scalpelblade berkata:

      Selamat sore juga. Terima kasih untuk pertanyaannya. Untuk nyeri menjalar seperti demikian, perlu dipastikan penyebabnya apa. Bisa serius, bisa juga tidak. Silahkan periksa ke dokter orthopaedi. Ada kemungkinan dokter tersebut akan memberikan obat selama 2 minggu dan dilihat perkembangannya. Bila tetap kambuh, biasanya akan berlanjut ke pemeriksaan rontgen dan MRI Lumbosacral.

Tinggalkan komentar